superkids | Sekolah Robot Indonesia, bisa belajar via online

Sore-sore itu ketika adik adik sedang belajar Robot, kita kedatangan tamu dari Superkids untuk melihat aktivitas anak-anak pada sore hari setelah sekolah untuk belajar Robot.

Berikut ulasannya dari SuperKids Indonesia pada 17 Maret 2015

superkids - sekolahrobot

Nggak masalah bila posisimu nun jauh di sana. Asal ada gadget dan jaringan internet, belajar merakit robot tetap berjalan.

“Eh, pulang sekolah mau kemana?” “Kursus..” “Bahasa Inggris?” “Bikin robot.”

Dulu obrolan seperti itu cuma ada di film. Sekarang menekuni robotik sudah jadi gaya hidup Superkids di berbagai kota besar. Belajar membuat robot yang benar-benar bisa berjalan, bersuara, bahkan berenang, bukan lagi sebatas adegan film. Di Indonesia banyak lembaga kursus yang membuka pelatihan robotik untuk anak sampai dewasa. Salah satunya Sekolah Robot Indonesia (SRI).

Sekolah yang dipimpin Dhadhang SBW SST ini berdiri sejak 2010. Awalnya Dhadhang mengajar dari rumah ke rumah, mendatangi muridnya satu per satu. Tentu karena saat itu jumlah murid SRI masih terhitung jari. Setelah murid makin banyak, Dhadhang buka workshop di rumah kostnya. Lalu sejak 2014, ia memusatkan seluruh kegiatan SRI di sebuah rumah besar di Sutorejo Prima Tengah, Surabaya. Tempat inilah yang jadi kantor pusat SRI sekarang. Dua cabangnya ada di kawasan Pasar Kembang, Surabaya dan Sidokare, Sidoarjo.

SRI yang semula hanya membuka kursus Private dan Classmate Workshop, kini memperluas layanan dengan menjalankan Sekolah Robot Online dan Workshop Robotika. Selain itu, SRI juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah dalam program Ekstrakurikuler. “Kami melatih para murid setiap minggu di sekolah. Kerjasama ini terjalin dengan sekolah di dalam maupun luar Surabaya,” ujar Dhadhang.

Bagaimana dengan anak-anak di luar Surabaya yang secara pribadi juga ingin belajar, namun terkendala jarak? Dhadhang menyarankan ikut kelas online. Ia menyiapkan sebuah sistem pembelajaran dengan biaya pendaftaran hanya Rp 50.000. Sebagai member, murid bebas mengambil semua proyek robot yang dipajang SRI. Namun, sekali ambil, jumlahnya dibatasi dua saja. Kalau mau coba merakit robot lain, kalian harus selesaikan dulu robot pertama yang sudah dipilihtadi. “Laporannya bisa dikirim via e-mail. Kalau untuk non-member juga ada. Gratis, tapi tidak bebas memilih dan mengambil semua proyek seperti member,” kata Dhadhang. Saat ini, ada lebih 400 anak dari seluruh Indonesia yang mengikuti kelas online SRI.

Berbeda dari sekolah robotik lain, SRI berusaha mengangkat keberadaan robot buatan dalam negeri. Ini nantinya akan memudahkan murid membuat sendiri robot dengan peralatan dan komponen yang mudah dibeli di sekitar rumah. Salah satu bukti kesuksesan SRI adalah mengharumkan nama Indonesia lewat prestasi robotik berskala internasional. Misalnya dapat Guts and Glory Award dalam MATE ROV International Competition Alpena di Amerika Serikat, Juli 2014.

M Arkayodya Febrianto, Thariq Cahya Namdhaputra, dan Akmal M Brahmana mengaku enjoy belajar robotik di SRI. Seminggu sekali, mereka mampir ke markas SRI tiap pulang dari SD Islam Al Azhar 35, yang nggak jauh dari sana. “Asyik, belajarnya sekitar dua jam. Tiap minggu belajar bikin satu model. Ini lagi mau buat dinosaurus,” ucap Arka, bangga memamerkan robot kecil di tangannya.

Foto dan tulisan berita dari (http://www.superkidsindonesia.com/superenrichment-3664-sekolah-robot-indonesia-bisa-belajar-via-online.html)

Kontak Kami

sekolahrobot@gmail.com

0811301088 (Dhadhang SBW)

Paket Sekolah Robot

  1. Ekstrakurikuller
  2. Workshop Robotika
  3. Private / Classmate Workshop
  4. Sekolah Robot Online